Pematangsiantar Laksankan Gerakan Tanam Serempak 2018 Bibit Padi

Pemerintah kota Pematangsiantar melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian melaksanakan penanaman benih padi dalam rangka pencanangan gerakan tanam serempak tahun 2018, penanaman bibit padi secara simbolis oleh Walikota diwakili Asisten II Drs. M Akhir harahap bersama Forkopimda dilokasi gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat, Rabu pagi (28/3).

Dalam sambutan tertulis Wali kota yang dibacakan Asisten II mengatakan, untuk mewujudkan kebijakan pembangunan pertanian yang berkelanjutan bagi pelaku utama dan usaha diperlukan upaya memperkuat kemampuan ekonomi sektor pertanian yang berakar pada keragaman budaya dan ekonomi serta kemampuan teknologi dan inovasi.

Gerakan tanam serempak merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dengan pemanfaatan varietas unggul baru, “kegiatan ini merupakan dukungan pencapaian swasembada pangan berkelanjutan, yang telah di programkan oleh Presiden RI melalui Nawa Cita nya”, katanya.

Sektor pertanian di kota Pematangsiantar memiliki potensi besar, dengan luas lahan pertanian lebih kurang 2136 Ha serta didukung sumber daya alam yang memadai akan dimanfaatkan secara maksimal, Pemerintah kota akan memacu peningkatan luas tanam, terutama kecamatan yang potensial untuk ditanami, pungkasnya.

Sebelumnya kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian, Drs. Tuahman Saragih dalam laporannya menjelaskan, pada tahun 2018 kota Pematangsiantar menargetkan menanam padi seluas 4.743 Ha dan produksi gabah kering giling sebanyak 28.932 Ton, untuk dapat mencapai target tersebut harus dilakukan peningkatan inténsitas penanaman.

Penanaman bibit padi menggunakan pola tanam jajar legowo serta pengaturan pola tanam agar dapat diperoleh IP 3 dengan pola padi, padi, palawija, katanya.

Dalam acara tanam bibit padi tampak hadir, Danrem 022/PT. Kol Arm Khairul Hadi, SE, Dandim 02/07 Simalungun Letkol Inf Robinson Tallupadang, Mewakili Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Hortikultura Provsu Ir. Julia Ernawati Hutahaean, MP,

Mewakili kepala balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian Provsu Dorkas Parhusip, SP MSi, Kapolsek Siantar Marihat AKP Rudi Lapian, serta turut hadir Kabulog Sub Divre II Pematangsiantar Erlinawati Rambe, Mewakili Bank Indonesia James Tobing serta para petani dari gabungan kelompok tani Mekar Nauli. (Humas S2/C3).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *