Pemko Pematangsiantar Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Guna mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat untuk meningkatkan produktivitas dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan penduduk akibat penyakit, pemerintah kota mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), acara tersebut di buka Walikota Hefriansyah, SE, MM di lapangan Brimob jalan Ahmad Yani Pematangsiantar, Rabu (29/11).

Secara khusus melalui dinas kesehatan, tujuan kegiatan kepada jajaran pemerintah kota dan masyarakat lansia dengan jumlah peserta 750 orang ini adalah, menyediakan dan mengembangkan sarana fisik, ruang terbuka hijau publik.

kawasan bebas kendaraan bermotor, jalur sepeda dan pejalan kaki yang presentatif dan aman, pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan buah, melaksanakan kebijakan kawasan tanpa rokok, kegiatan mendukung GERMAS berdasarkan kebijakan daerah.

Walikota dalam arahannya mengatakan, pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh segenap komponen bangsa Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat, prinsip Germas adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, dan sektor sektor lainnya.

Untuk mewujudkan Germas perlu sebuah sosialisasi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai, sosialisasi ini dibutuhkan dukungan dan peran serta dari semua sektor terkait serta komitmen dan monitoring.

Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.

Kegiatan ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Pematangsiantar dan di isi senam kesegaran jasmani, serta pembagian lucky draw dan lomba.

Turut hadir Ketua TPKK Ny. Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat, anggota DPRD Pematangsiantar, unsur TNI/Polri, Asisten Adm Umum Baren A.Purba, Asisten Perekonomian Drs M Akhir Harahap, pimpinan OPD, Kepala BPJS kesehatan, para lansia, seluruh Puskesmas, Perbankan dan lainnya. (Humas C1/S2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *