Road Show di 8 Kecamatan, Kadis Pariwisata Matangkan Turnamen Akbar Gala Desa

Pemerintah kota Pematangsiantar melalui kadis pariwisata Dra. Fatimah Siregar melakukan road show di delapan kecamatan untuk mematangkan persiapan turnamen akbar gala desa, sejak bulan juli telah dilaksanakan serangkaian persiapan hingga road show di delapan kecamatan, turnamen akbar gala desa direncanakan dibuka pada tanggal 12 September 2017 mendatang.

Kadis Pariwisata mengajak para camat dan lurah untuk dapat berpartisipasi mengirimkan tim yang ada dikelurahan untuk mengikuti
berbagai kompetisi olah raga yang digelar pada turnamen akbar Gala Desa nantinya. Cabang olah raga yang akan dipertandingkan anta lain, sepakbola tingkat SMU, tenis meja tingkat SMP, atletik tingkat SD, senam kesegaran jasmani (SKJ) dan lain sebagainya.

Usai melaksanakan road show di delapan kecamatan yang berakhir pada hari jumat tanggal 25 Agustus 2017 ketua panitia turnamen akbar gala desa yang dipimpin langsung kadis pariwisata didampingi wakil ketua Jayadi Sagala serta seluruh panitia menjelaskan, delapan kecamatan yang telah di kunjungi menyatakan kesiapan dan dukunganya untuk mensosialisasikan turnamen akbar gala desa ini hingga ke tingkat RT dan RW.

Kadis Pariwisata menyampaikan, pembudayaan olahraga perlu dimulai dari tingkat RT dan RW yang di motori oleh lurah dengan memperhatikan unsur-unsur murah, meriah, menarik, masal, dan manfaat. Untuk menjadikan masyarakat berbudaya olahraga maka berbagai faktor harus dilaksanakan pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat. Guna mendorong masyarakat gemar berolahraga maka program pemerintah sebagai rintisan bagi terciptanya gerakan budaya berolahraga hendaknya dilaksanakan secara teratur, terukur, dan sistematik.

Hasil yang ingin diperoleh dari pembudayaan olahraga pada masyarakat antara lain adanya tingkat kebugaran dan kesehatan masyarakat yang tinggi sehingga akan memberikan dampak kepada munculnya bibit-bibit olahragawan sekaligus sesuai dengan program pemerintah menumbuhkan karakter bangsa yang tangguh. Munculnya bibit-bibit olahragawan yang kedepannya akan menjadi atlet berprestasi perlu dijaring dan dibina secara berjenjang dan berkesinambungan. Masyarakat merupakan salah satu potensi yang semestinya digali untuk mendapatkan calon atlet yang dapat berkiprah ditingkat nasional maupun internasional.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui ajakan Ayo Olahraga pada tahun ini telah meluncurkan program Gala Desa yang bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, jelas Fatimah seraya mengatakan, mari sukseskan turnamen akbar gala desa yang akan di gelar ini, agar kota Pematangsiantar dapat lebih mantap maju dan jaya, pungkasnya. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *