Plt Wali Kota Pematang Siantar Sambut Kunjungan Ketua APEKSI Bima Arya di Stand Indonesia City Expo, Selanjutnya Perjuangkan Nasib Ribuan Honorer

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Bima Arya berkesempatan mengunjungi stand Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar di arena Indonesia City Expo (ICE), di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang, Senin (8/8/2022). ICE yang dibuka Bima Arya merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV APEKSI 2022 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dalam Rakernas XV APEKSI tersebut, Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A juga memperjuangkan nasib ribuan honorer (pegawai non ASN) Pemko Pematang Siantar.

Di stand ICE, Bima Arya yang juga merupakan Wali Kota Bogor disambut langsung Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A dan Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting, didampingi beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting kepada Bima Arya menjelaskan, stand Pemko Pematang Siantar memamerkan sejumlah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Di antaranya, kain tenun produk LPK Anugerah dan Kyan Ulos; suvenir dompet, tempat tisu, dan kipas tangan produk Nurli Siagian; replika Becak Siantar produk UKM Fitra;
Sirup Pala produk Rupala; Stik Jamur Qori produk Rumah Jamur Qori; Roti Ketawa produk Bintang Jaya; minuman Badak produk Pabrik Es; produk ASLI; Roti Ganda; dan Mie Lidie.

Plt Wali Kota beserta Ketua Dekranasda Erizal Ginting juga menghadiri pembukaan Rakernas XV APEKSI 2022 di Padang Convention Center (PCC) Hotel Truntum Kota Padang. Rakernas XV APEKSI dengan tema “Kota Kita Bangkit, yang Maju yang Bersinergi”, dibuka dengan penabuhan gendang oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi serta Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Mendag Zulkifli Hasan dalam sambutannya mengapresiasi kekompakan APEKSI dan berharap Pemko memiliki inovasi untuk kemajuan kotanya masing-masing.

“Kita harapkan melalui Rakernas XV APEKSI ini masing-masing pemerintah kota saling bersinergi dan berkolaborasi memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya, khususnya di sektor perdagangan,” katanya.

Zulkifli Hasan meminta para wali kota se-Indonesia menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok serta harganya yang semakin terjangkau.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengucapkan selamat datang di Kota Padang, Sumbar kepada seluruh wali kota se-Indonesia peserta Rakernas XV APEKSI di Kota Padang.

“Semoga Rakernas dan agenda lainnya yang dilakukan berjalan lancar, dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk otonomi daerah serta kemajuan bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya menerangkan, Rakernas APEKSI sangat penting karena masing-masing pemerintah kota saat ini tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan. Di antaranya terkait upaya peningkatan pelayanan publik, peningkatan ekonomi, dan mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Dalam kesempatan wawancara, Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A menyampaikan Rakernas XV APEKSI di Kota Padang merupakan salah satu ajang promosi dan publikasi potensi-potensi yang ada di Kota Pematang Siantar.

Plt Wali Kota menambahkan, Rakernas XV APEKSI di Kota Padang juga membahas agenda yang sangat penting mengenai pegawai Non ASN (honorer). Pegawai Non ASN, katanya, kini menjadi permasalahan di seluruh kota yang ada di Indonesia.

“Masalah ini akan kami bawa dan perjuangkan ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Diterangkan Plt Wali Kota, sekitar 1.285 pegawai Non ASN Pemko Pematang Siantar yang kemungkinan tidak dapat mengikuti seleksi PPPK karena kendala kompetensi pendidikan.

“Permasalahan pegawai Non ASN ini menjadi fokus dan perjuangkan oleh wali kota se-Indonesia untuk dibawa ke pemerintah pusat,” jelasnya.

Masih rangkaian kegiatan Rakernas XV APEKSI, Plt Wali Kota Susanti beserta Ketua Dekranasda Erizal Ginting menghadiri peresmian Tugu APEKSI di area Kantor Wali Kota Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan Aie Pacah Kota Padang.

Selain itu, Plt Wali Kota Susanti diwakili Kadis Lingkungan Hidup Deddy Tunasto bersama peserta Rakernas XV APEKSI lainnya melakukan penanaman bibit durian di Agro Wisata Seilar. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.