Plt Wali Kota Harapkan Wredatama Berikan Nasehat, Ide, dan Gagasan untuk Pembangunan Kota Pematang Siantar

Anggota Persatuan Wredatama Seluruh Indonesia (PWRI) Kota Pematang Siantar tetap bersemangat menjalani masa pensiun. Juga diharapkan memberikan nasehat, ide, dan gagasan dalam pembangunan Kota Pematang Siantar.

Harapan tersebut disampaikan Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, saat memberikan sambutan di acara pelantikan
pengurus PWRI Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027. Acara pelantikan berlangsung di Ruang Serba Guna Bappeda Kota Pematang Siantar, Kamis (11/8/2022) mulai pukul 10.15 WIB.

Acara pelantikan diisi dengan pembacaan Pancau Baya oleh seluruh pengurus yang dilantik. Kemudian prosesi pelantikan diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) PWRI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tentang Pengurus PWRI Cabang Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027 oleh Sekretaris PWRI Provinsi Sumut Ir HM Ilyas MM. Dalam SK tersebut dinyatakan, pengurus PWRI Cabang Kota Pematang Siantar yang telah terbentuk sejak kepengurusannya tidak aktif dan tidak dikenal di kalangan PNS di Kota Pematang Siantar dan belum juga didaftarkan di KesbangLinmaspol Kota Pematang Siantar. Setelah dilakukan rapat oleh beberapa orang pensiunan PNS di Kota Pematang Siantar, maka dilakukan musyawarah untuk pemilihan ketua dan anggota pengurus PWRI Kota Pematang Siantar.

Dalam rapat tersebut, semua peserta rapat secara aklamasi mengangkat pengurus baru yakni Drs Midian Sianturi sebagai Ketua, Simesono Hia SH MSi sebagai Sekretaris, dan Bendahara Dra Rusmawan Sitorus.

Selanjutnya, Ilyas membacakan SK tentang Pengesahan Pengurus PWRI Cabang Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027, yaitu: Pembina Wali Kota Pematang Siantar; Wakil Pembina Wakil Wali Kota Pematang Siantar; Penasehat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, Drs Donver Panggabean MSi, Drs Kondarius Ambarita, Drs Jalil Saragih, Drs Samuel Saragih, Drs Badri Kalimantan MM, Iswan Lubis SH, dan Drs Bistel Sitanggang.

Sementara itu, Ketua PWRI Provinsi Sumut H Hasban Ritonga SH didampingi Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA melantik sekaligus menyerahkan bendera PWRI dan SK kepada pengurus yang dilantik.

Para pengurus PWRI Cabang Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027 adalah: Ketua Drs Midian Sianturi; Sekretaris Simesono Hia SH MSi; Wakil Sekretaris Drs Abdul Kodir Siregar, Drs Salmon Situmorang; Bendahara Dra Rusmawan Sitorus; dan Wakil Bendahara Ramlan SH. Kemudian, Bidang Organisasi & Hubungan Antar Lembaga Ketua Drs M Akhir Harahap; Wakil Ketua Bidang Organisasi Lincoln Tampubolon SH, Anggota Drs Saamsyah Saragih, Drs Makmur, Drs Piter Nadeak, Mery Butar-Butar SPd; Bidang Hubungan Antar Lembaga Wakil Ketua Drs Nazaruddin Pulungan, Anggota Benar Sitepu.SH, Ir Reinward Simanjuntak, Dra Tarulin Silangit, Drs Saidul Khudri Siregar; Bidang Data dan lnformatika Wakil Ketua Drs Marihot Situmorang; Anggota Drs Tumbur Palti Reinhart Sinaga, Umum Tarigan SH, Rustam Efendi, dan Drs Jan Saudi Sinaga.

Bidang Hukum, Perlindungan & Pemberdayaan Lansia Ketua Djumadi SH, Bidang Hukum Wakil Ketua M Saiful Sudjatmiko SH, Anggota Tarzan Simarmata SH, Dra Zuraidah, Rusmawadi Harahap, dan Dra Abisah Barus.

Sedangkan Bidang Perlindungan dan Pemberdayaan Lansia Ketua Drs Chaidir Sitompul, Anggota Drs Suryatno, Drs Mardenggan Sihombing, Drs Amar Husin Daulay; Bidang Advokasi dan Bantuan Hukum Ketua Mangasa Sianipar SH, Anggota Robert Irinto SH MH, Ahmad Ganni Daulay SH, Yuniarti SH, dan Albert Panjaitan.

Bidang Kemitraan Usaha & Koperasi Kewirausahaan Ketua Robert Dontes Simatupang SE, Bidang Kemitraan Usaha Wakil Ketua Drs Kalbiner Lumbantungkup MSi, Anggota Drs Andri Panggabean, Arken Manik SP, Deli Sarwaty, Parulian Sinambela SH.

Bidang Koperasi dan Kewirausahaan Wakil Ketua Drs Eddy Nuah Saragih, Anggota Ir Rufinus Simanjuntak MT, Wanden Siboro SH, Dra Ratna Wahyuningsih, dan Solo Lubis.

Bidang Pengelolaan Keuangan dan Investasi: Ketua Agustina Tampubolon SH MM, Anggota Drs Setia Siagian MSc, Drs Monang Samosir, Dra Sri Bulan Barus, dan Raden Situngkir. Lalu, Bidang Kesehatan Ketua Benhor Sihombing, Anggota Mian Lumbantobing, Rostionar Sinaga, dan Sugiarty.

Hasban mengucapkan selamat kepada para Pengurus Cabang PWRI Kota Pematang Siantar yang dilantik. Ia berpesan agar para pengurus PWRI tetap konsisten menjaga eksistensi dan berkontribusi dalam pembangunan di Kota Pematang Siantar.

“Jadikan PWRI ini sebagai lahan untuk tetap berkarya dan beramal bagi banyak orang di masa tua. Pengurus Cabang PWRI Kota Pematang Siantar harus siap bersinergi dengan pemerintah daerah,” kata Hasban.

Ketua PWRI Cabang Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027 yang baru dilantik, Drs Midian Sianturi, menyampaikan, pelantikan pengurus Wredatama memiliki makna yang sangat penting dalam rangka pemantapan konsolidasi organisasi PWRI di tingkat Kota Pematang Siantar. Sehingga PWRI Kota Pematang Siantar dapat berpartisipasi untuk mendukung pencapaian visi organisasi PWRI secara nasional, yaitu terwujudnya organisasi skala nasional yang kuat dan mandiri (independen) sebagai wadah tunggal bagi seluruh Wredatama (Pensiunan Sipil), serta meningkatnya kesejahteraan anggota dan keluarganya.

Karenanya, Midian meminta kepada seluruh jajaran pengurus yang telah dilantik agar dapat bekerja sama dan saling bahu-membahu untuk mewujudkan visi melalui pelaksanaan misi, yaitu: mempererat persatuan dan kesatuan Wredatama (Pensiunan Sipil) agar dapat memiliki kekuatan moral sehingga aspirasinya lebih diperhatikan oleh masyarakat. Kemudian, membina Wredatama (Pensiunan Sipil) agar tetap meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku tidak tercela, sabar, arif bijaksana, sehingga dapat menjadi panutan masyarakat.

Selanjutnya, membina Wredatama (Pensiunan Sipil) agar mampu mandiri dalam kehidupan ekonomi dan sosial, meningkatkan kualitas hidupnya secara fisik, mental, dan spiritual; mendayagunakan pengetahuan, kecakapan, dan pengalamannya.

Lalu, mendorong pemerintah agar mengetahui kewajibannya memberikan jaminan kesejahteraan yang layak bagi kehidupan Wredatama (Pensiunan Sipil), sebagai pengakuan dan penghargaan atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

“Tentu itu semua dapat terlaksana apabila pengurus mendapat dukungan seluruh anggota. Untuk itu kita harus bersatu sehingga organisasi PWRI Kota Pematang Siantar menjadi kuat. Apabila kekuatan para pensiunan (Wredatama) ini bisa disatukan, pasti banyak hal yang bisa dimanfaatkan, secara khusus untuk intern kita maupun yang lebih luas lagi untuk membangun daerah kita, baik dari segi sosial, ekonomi, politik dan seterusnya,” terang Midian, seraya menambahkan pihaknya memohon dukungan dari Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, yang di samping sebagai Dewan Pembina juga salah seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil untuk tidak bosan-bosannya untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada pengurus PWRI Cabang Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027.

Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dala sambutan dan arahannya menyampaikan PWRI) merupakan wadah untuk mengaktualisasikan potensi, bakat, dan semangat baru saat menjalani masa pensiun bagi para abdi negara, namun tetap bisa berpartisipasi membangun bangsa dan negara. Sebagai organisasi pensiunan Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara, keberadaan PWRI ke depan masih sangat dibutuhkan, karena dari tahun ke tahun masih banyak PNS/ASN yang memasuki masa pensiun.

Oleh karena itu, lanjutnya, pengurus PWRI memiliki tugas penting dalam rangka penyempurnaan organisasi, seperti konsolidasi, perlindungan hak, dan peningkatan kesejahteraan anggota. Semuanya itu bertujuan agar anggota PWRI lebih mantap dan lebih memiliki keyakinan untuk berkiprah dan berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya di Kota Pematang Siantar, termasuk memberikan teladan dan mengajarkan nilai-nilai keluhuran, terutama kepada generasi muda.

Plt Wali Kota Susanti juga mengatakan, dengan adanya PWRI, maka para pensiunan memiliki wadah dan bisa berkumpul serta berkarya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Usia lanjut bukanlah menjadi halangan untuk berbakti kepada bangsa dan negara, khususnya dalam membangun daerahnya. Di usia lanjut kita semua dikondisikan untuk senantiasa semakin sabar, menahan diri dari berbagai hawa nafsu dan hiruk-pikuk kehidupan duniawi, serta semakin dekat dengan sang maha pencipta. Kondisi tersebut jangan diartikan semakin tua akan semakin lemah dan tidak memiliki posisi tawar dalam pembangunan daerah dan negara ini. Justru dalam kondisi tersebut, dituntut untuk semakin giat dalam belajar dan berjuang memperbaiki segala kelemahan dan kekurangan selama ini, sehingga kehidupan generasi mendatang akan semakin lebih baik dan sejahtera,” terangnya.

Plt Wali Kota Susanti mengharapkan nasehat, kritikan, serta masukan yang membangun, elegan, dan penuh keteladanan dari para Wredatama guna memajukan Kota Pematang Siantar, baik fisik maupun non fisik.

“Pemerintah Kota Pematang Siantar senantiasa mendukung kegiatan PWRI dalam rangka pengembangan organisasi ke arah yang lebih baik, dengan mengharapkan pengabdian bapak/ibu Wredatama kepada bangsa dan negara tidak pernah putus dan tetap mengaplikasikan ide, gagasan, dan masukan terhadap pembangunan Kota Pematang Siantar yang kita cintai ini,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Wali Kota Susanti menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus PWRI Kota Pematang Siantar periode 2022-2027, serta mengajak PWRI untuk selalu mendukung program-program pembangunan Pemko Pematang Siantar, terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mari terus berinovasi dan bergandengan tangan, bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dalam rangka mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” ajaknya.

Selanjutnya, Plt Wali Kota Susanti selaku Penasehat bersama Drs Jalil Saragih, Drs Samuel Saragih, dan Drs Bistel Sitanggang, didampingi Ketua PWRI Kota Pematang Siantar Drs Midian Sianturi menyerahkan cenderamata berupa Ulos kepada Ketua PWRI Provinsi Sumut H Hasban Ritonga SH. Juga diserahkan beberapa buku kepada Plt Wali Kota Susanti Dewayani, penasehat, serta pengurus PWRI Kota Pematang Siantar. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.