Wali Kota Pematang Siantar Hadiri Penutupan Peringatan HUT Koperasi dan Pengukuhan Pengurus UMKM Indonesia Bersinar

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A menghadiri acara Penutupan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Koperasi Tahun 2022 Kota Pematang Siantar. Acara penutupan dirangkai Pelantikan/Pengukuhan Pengurus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar. Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Parkir Pariwisata Kota Pematang Siantar, Senin (29/8/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Pengurus UMKM Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar dikukuhkan oleh Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH.

Ketua UMKM Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar Fitrah SP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus anggota UMKM Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar yang telah memberikan amanah kepada dirinya untuk memimpin UMKM Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar.

“Saya mengajak serta seluruh pengurus dan para pelaku UMKM untuk berjuang bersama-sama memberikan yang terbaik buat para anggota dan penggiat UMKM di Kota Pematang Siantar ini,” katanya.

Fitrah juga mengucapkan terima kasih kepada stakeholder yang telah membantu penggiat UMKM yang ada di Kota Pematang Siantar, terutama kepada Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH yang selalu memberikan dukungan dan support untuk UMKM Kota Pematang Siantar dalam pemasaran.

“Besar harapan saya, para pelaku UMKM bisa mentransformasikan usahanya ke bisnis digital untuk mengimbangi perkembangan zaman, agar pelaku UMKM bisa naik kelas, go export dan go global,” sebutnya.

Dilanjutkannya, UMKM Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar hadir untuk melakukan pendampingan dan bantuan kepada pelaku UMKM. Juga meningkatkan kesejahteraan anggota UMKM Indonesia Bersinar Kota Pematang Siantar, termasuk bagi seluruh penggiat UMKM, baik dalam bentuk pelatihan maupun pemasaran secara digital.

Sementara itu, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A dalam sambutannya mengatakan, peringatan HUT ke-75 Koperasi Tahun 2022 diselenggarakan selama enam hari. Semua rangkaian acara, katanya, berjalan dengan baik.

“Kami melihat antusias yang luar biasa dari masyarakat Kota Pematang Siantar. Momen seperti ini akan kita gelar secara berkala dan periodik setiap tahunnya. Kegiatan Semarak UMKM beserta seluruh rangkaian lomba telah berhasil membawa semangat baru bagi para pelaku UMKM dan juga generasi muda. Hal ini terlihat dari wajah-wajah pelaku UMKM yang semakin bersinar dan penuh harapan menyongsong hari depan yang lebih baik,” terangnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, lanjutnya, akan segera berbenah dengan berbagai program untuk ke depan dengan memberi peran yang lebih banyak lagi dan mendorong kemajuan UMKM di Kota Pematang Siantar lewat Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan,

Menurut Wali Kota, dalam kegiatan tersebut, anak-anak Kota Pematang Siantar terlihat bersemangat menampilkan potensi yang dimilikinya. Seperti menari, fashion show, merangkai bunga, dan festival kopi.

“Bagi yang juara, saya ucapkan selamat, dan anak-anak yang belum berhasil menjadi pemenang ataupun juara jangan berkecil hati. Teruslah berlatih untuk agar ke depan tampil lebih baik.dari kegiatan ini telah berhasil menumbuhkan bibit talenta dari anak-anak kita sekaligus menimbulkan rasa percaya diri untuk tampil di publik dengan berbagai kreasi yang dilakukan,” sebutnya.

Kepada pengurus UMKM Indonesia Bersinar yang baru dilantik, Wali Kota mengucapkan selamat berkarya. Serta diharapkan bersemangat menggandeng seluruh pelaku UMKM, agar meningkatkan tampilan kemasan produk, rasa, kualitas, serta mampu menciptakan kreasi-kreasi baru dari berbagai hasil kerajinan, yang pada akhirnya dapat menjadi produk unggulan di Kota Pematang Siantar.

“UMKM Indonesia Bersinar harus mampu menjadi tempat bagi para pelaku UMKM untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan saling mendukung untuk menjadi kekuatan ekonomi baru, demi terwujudnya Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” jelasnya.

Sedangkan kepada pengurus koperasi, Wali Kota berharap agar terus melakukan inovasi demi perkembangan koperasi sehingga tercipta koperasi yang kuat, tangguh, dan modern.

“Jangan berhenti dengan apa yang telah dimiliki hari ini,” tukasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dan piagam kepada juara fashion show tingkat SD, SMP, dan SMA; merangkai bunga, festival kopi, dan stan UMKM.

Turut hadir, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH; Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar Teuku Munandar; Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar Budi Utari Siregar AP; Plt Kadis Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Herbet Aruan SPd; para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematang Siantar; serta para
pelaku usaha dan UMKM. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *