Wali Kota Berharap PPKM jadi Ajang Promosi Kota Pematang Siantar

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A mengharapkan PPKM menjadi salah satu ajang promosi Kota Pematang Siantar. PPKM yang dimaksud bukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk mencegah penyebarluasan Covid-19. Namun Pekan Panggung Kreasi Muda-Mudi (PPKM) Siantar.

Wali Kota membuka PPKM Siantar didampingi Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH, di Lapangan Pariwisata, Jalan Merdeka Pematang Siantar, Sabtu (1/10/2022) malam.

Acara diawali penyambutan kedatangan Wali Kota dr Susanti Dewayani Sp.A bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting, Wakil Ketua Komisi I DPRD Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan, serta Dan Yonif 122/Tombak Sakti Letkol Inf Antony Tri Wibowo. Acara penyambutan berupa penampilan tari-tarian Simalungun.

Ketua Panitia PPKM Siantar Elisbet Purba dalam laporannya mengatakan, PPKM Siantar menjadi ajang kreativitas bagi pemuda dalam mengasah bakat yang dimilikinya, dan dalam rangka mewujudkan Kota Pematang Siantar menjadi sasaran destinasi.

“Kreativitas anak muda di Siantar wajib diwujudkan, baik itu melalui budaya, musik, dan sejumlah kreativitas lainnya. Sesuai tema: Apresiasi Seni, Ciptakan Siantar Kota Destinasi. Destinasi Yes, Transit No,” terangnya.

Elisbet mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pematang Siantar, Wali Kota Susanti, Ketua Dekranasda Kusma Erizal Ginting, Wakil Ketua Komisi I DPRD Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan, juga Dan Yonif 122/Tombak Sakti Letkol Inf Antony Tri Wibowo.

Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada panitia dan pihak-pihak yang mensupport kegiatan tersebut.

“Kepada kawan kawan yang hadir, saya mewakili panitia meminta untuk menjaga kekondusifan. Kegiatan ini kegiatan kita bersama,” pesannya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan menyampaikan, fenomena yang terjadi saat ini anak-anak muda hampir tidak memiliki ruang untuk berkreasi. Untuk itu dengan adanya kegiatan PPKM Siantar, diharapkan akan menjadi ajang kreativitas bagi pemuda dalam mengasah bakat yang dimilikinya.

Selain itu, Boy berharap PPKM) Siantar tidak sekadar seremoni.

“PPKM Siantar yang digelar dua kali dalam satu bulan ini semoga bisa berkelanjutan. Jangan hanya berlangsung sekali ini saja. Serta dapat dengan lebih banyak peserta. Kegiatan serupa ini semoga semakin banyak digelar untuk memberikan wadah kepada muda-mudi dalam berkreativitas dan berkreasi, sekaligus juga sebagai ajang promosi dalam meningkatkan kunjungan wisata ke kota yang kita banggakan ini. Bekerja dan berkarya-lah. Karena karya tidak akan hilang,” tukasnya.

Sementara itu, Wali Kota mengaku sangat mengapresiasi digelarnya PPKM Siantar.

Upaya pembinaan generasi muda, katanya, harus dimulai sejak usia dini dan dilakukan bersungguh-sungguh melalui berbagai aktivitas yang mampu mengembangkan sikap dan jati diri. Maka dari itu, untuk mewujudkan pembinaan generasi muda, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi diperlukan peran serta dan partisipasi orang tua, pendidik, serta masyarakat.

Sehingga terbangun generasi yang akan melanjutkan estafet perjuangan bangsa yang memiliki fisik dan mental kuat, tangguh, sehat, cerdas, dan terampil.

“Kita sering mendengar, generasi muda adalah penerus bangsa. Namun tidak bisa kita pungkiri, saat ini pola kehidupan yang berkepribadian baik justru semakin hilang dan terkikis. Oleh karenanya bisa disimpulkan pembinaan dan pengembangan pada generasi muda sangatlah penting, karena masa depan suatu bangsa ada di tangan generasi muda,” kata Wali Kota Susanti.

Masih kata Wali Kota, Kota Pematang Siantar memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat luar biasa, baik di bidang seni, olahraga, maupun lainnya. Keragaman potensi ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal agar bisa meraih prestasi yang bisa membanggakan.

Hal utama lainnya, lanjutnya, Kota Pematang Siantar merupakan kota transit ke destinasi wisata unggulan Danau Toba. Walau dikatakan transit, namun Kota Pematang Siantar memiliki destinasi wisata yang tidak kalah bagusnya, baik itu destinasi sejarah, kuliner, kerajinan khas, maupun lainnya.

“Sesuai tema PPKM ini: Apresiasi Seni, Ciptakan Siantar Kota Destinasi. Destinasi Yes, Transit No, merupakan sesuatu yang optimis bisa kita wujudkan dengan menggelar sejumlah event kegiatan positif, termasuk kegiatan PPKM Siantar ini,” jelasnya.

Wali Kota mengharapkan hadirnya PPKM Siantar selain menjadi pemantik kreativitas anak muda, juga sebagai ajang promosi Kota Pematang Siantar agar menjadi kota yang semakin sering dikunjungi.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga berpesan agar para generasi milenial harus maju dan selalu berlomba untuk kebaikan. Sehingga negara ini dapat terus maju dan berkembang di era kompetitif yang sangat ketat.

“Mari tingkatkan kreasi sebagai muda-mudi untuk memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan, khususnya di Kota Pematang Siantar yang kita cintai,” ajaknya

Pemko Pematang Siantar, sambungnya, akan senantiasa mendukung aktivitas ataupun kegiatan masyarakat yang positif.

“Untuk itu kami juga mengajak muda-mudi sekalian untuk bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dalam mendukung berbagai program pembangunan Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Juga agar penuh semangat dalam berkarya dan berprestasi, sehingga akan terwujud keinginan kita bersama yakni Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” ungkap Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota bersama Ketua Dekranasda Kusma Erizal Ginting, Boy Iskandar Warongan, juga Dan Yonif 122/Tombak Sakti Letkol Inf Antony Tri Wibowo dan para pimpinan Pemko Pematang Siantar serta masyarakat yang hadir menyaksikan berbagai pertunjukan, seperti tari-tarian dari Simalungun Home Dancer (Sihoda), dan berbagai grup band serta dancer.

PPKM Sianțar juga dirangkai penyerahan piagam penghargaan kepada grup band, penari Sihoda, serta dancer yang tampil. Juga lucky draw dengan hadiah menarik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *