Dekranasda Kota Pematang Siantar Ramaikan Kriya Fest Sumut 2023

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pematang Siantar kembali ambil bagian dalam event yang digelar Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kali ini, Dekranasda Kota Pematang Siantar turut meramaikan Kriya Fest Sumatera Utara Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Tiara Convention Hall Medan ini, digelar selama tiga hari, mulai Selasa (21/02/2023) sampai Kamis (23/02/2023).

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sumut yang juga Ketua Panitia Penyelenggara, Muliadi Simatupang, dalam sambutannya menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengenal, mencintai sekaligus bangga menggunakan produk-produk buatan pelaku UMKM di Sumut.

Sebelum membuka Kriya Fest Sumut 2023, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis Edy Rahmayadi, memberikan apresiasi kepada Dekranasda Kabupaten/Kota yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemulihan ekonomi Sumut untuk bangkit kembali setelah beberapa tahun ini dihantam pandemi. Dan, bangkit kembali melalui sektor UMKM,” sebut Nawal Lubis.

Nawal Lubis menambahkan, melalui kegiatan yang mengangkat tema: Cipta Karya, Daya Kriya, dan Gaya Kriya tersebut, diharapkan bisa menjadi pembinaan Dekranasda mulai hulu sampai hilir dengan berbasis budaya. Sekaligus memberdayakan masyarakat dalam lapangan kerja, produk berdaya saing, dan ditampilkan dengan karya.

“Sumut berada di destinasi wisata Super Prioritas. Mari kita ambil kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memajukan produk lokal, sekaligus membangkitkan ekonomi Sumut,” tambah Nawal Lubis.

“Diharapkan produk-produk UMKM Sumut dapat berdaya saing dan menembus pasar global. Dan, dengan berkembangnya teknologi maka diharapkan pelaku UMKM gencar untuk melakukan publikasi di media sosial,” pungkas Nawal Lubis.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH, mengaku senang sekaligus bangga dengan dipilihnya Kita Pematang Siantar menjadi salah satu dari enam kabupaten/ kota di Sumut yang diundang tampil di ajang Kriya Fest Sumut 2023.

“Pertama, Dekranasda Kota Pematang Siantar memang selalu memperhatikan kualitas produk dan selalu upgrade. Kedua, Dekranasda juga selalu siap dan hadir dalam berbagai event yang digelar secara regional maupun nasional,” jelas Erizal Ginting.

Ketiga, sambung Erizal Ginting, Dekranasda Kota Pematang Siantar, memang mendapatkan perhatian dari Sumut, bahkan Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari peran Dekranasda yang selalu berusaha lebih baik dalam meningkatkan kualitas produk dan sistem penjualan.

“Dekranasda Kota Pematang Siantar tidak hanya menerapkan pola lama atau sistem offline. Kita sudah go online dan terus berbenah. Jadi, tidak harus datang ke Pematang Siantar untuk belanja-belanja produk UMKM hasil perajin Kota Pematang Siantar,” papar Erizal Ginting.

“Terakhir, saya berharap Danau Toba sebagai destinasi super prioritas, juga bisa menjadikan Dekranasda Kota Pematang Siantar sebagai destinasi. Dan, pengunjung mempunyai kesan yang baik lalu mempromosikan sehingga menjadi brand dan frame bahwa Dekranasda Kota Pematang Siantar yang terbaik di Sumut,” tutup Erizal Ginting.

Adapun enam Dekranasda yang mengikuti event Kriya Fest Sumut 2023, selain Kota Pematang Siantar, adalah Dekranasda Kota Padangsidimpuan, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu Selatan, dan Tapanuli Utara. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *