27 April, Peringatan HUT ke-152 Kota Pematang Siantar, dr Susanti Imbau Pimpinan OPD Kenakan Pakaian Adat Simalungun

Karena Libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, maka diputuskan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-152 Kota Pematang Siantar yang biasanya tanggal 24 April, diundur menjadi tanggal 27 April 2023. Di peringatan HUT Kota Pematang Siantar, para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dan elemen masyarakat lainnya untuk mengenakan pakaian adat Simalungun.

Hal itu disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, dalam rapat pematangan persiapan kegiatan HUT ke-152 Kota Pematang Siantar, di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus, Kamis (20/04/2023).

dr Susanti yang memimpin langsung rapat tersebut memberikan sejumlah masukan. Di antaranya, agar seluruh pihak atau elemen diundang dalam momentum yang berharga tersebut.

“Jangan lupa semua komponen diundang, karena Raja Sangnaualuh Damanik merupakan milik masyarakat Kota Pematang Siantar,” kata dr Susanti.

Masukan lainnya, dr Susanti meminta kepada Camat Siantar Selatan Jufiter Sitepu SSTP bersama Lurah Simalungun untuk melakukan persiapan pada kegiatan Haul dan Ziarah ke Jerat Raja Siantar di Komplek Istana Raja Siantar di Pamatang, Kelurahan Simalungun.

“Tolong pemasangan umbul-umbul dilakukan di tempat strategis, termasuk di gerbang menuju lokasi dan memperhatikan kebersihannya,” sebut dr Susanti.

Selanjutnya, mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu meminta agar pada kegiatan rangkaian HUT Kota Pematang Siantar, terutama kepada pimpinan OPD dan lainnya, untuk mengenakan pakaian adat Simalungun.

“Jangan lupa disampaikan dalam undangan nantinya,” tukas alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu.

dr Susanti berharap momentum Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152 dapat terselenggara dengan baik. Dalam ini, katanya, dibutuhkan saling koordinasi antara instansi.

Kepada Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) Kota Pematang Sianțar Lisman Saragih dan jajaran pengurus bersama Pengurus Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik yang hadir dalam rapat tersebut, dr Susanti berharap dukungan dan arahan sepenuhnya demi terselenggaranya kegiatan nantinya.

“Mohon kami dibimbing dan diberi arahan,” pinta dokter spesialis anak itu.

Sementara itu, Ketua IKEIS Kota Pematang Siantar Lisman Saragih dalam sambutannya, mengaku mengapresiasi persiapan yang dilakukan Pemko Pematang Siantar dalam menyambut Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152.

“IKEIS siap memberi masukan. Kita berharap Ibu Wali Kota hadir pada acara Haul yang diisi dengan penyantunan anak yatim nantinya,” tutur Lisman

IKEIS, lanjut Lisman, menyatakan memberikan dukungan moril kepada dr Susanti dalam memimpin Kota Pematang Siantar, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152.

Di kesempatan tersebut, Lisman bersama sejumlah pengurus IKEIS Kota Pematang Siantar dan pengurus Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik serta sejumlah OPD menyampaikan masukan demi kelancaran kegiatan ini nantinya.

Kegiatan Haul Raja Sangnaualuh Damanik dalam rangka Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152 dilaksanakan Rabu (26/04/2023) dan Ziarah ke Jerat Raja Siantar di Komplek Istana Raja Siantar dilaksanakan keesokan harinya, Kamis (27/04/2023).

Hadir pada rapat persiapan ini, Edy J dan Rado Damanik dari Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik, pengurus IKEIS Kota Pematang Siantar H Evra Sasky Damanik, Asisten Bidang Pemerintahan Pemko Pematang Siantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP, dan sejumlah pimpinan OPD. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *