dr Susanti Ajak Warga Kota Pematang Siantar Teladani Raja Sangnaualuh Damanik

Warga Kota Pematang Siantar diajak untuk meneladani pendiri kota ini, Raja Sangnaualuh Damanik. Termasuk kesederhanaan dan kerelaannya berjuang untuk Kota Pematang Siantar. Sehingga kini warga bisa hidup aman, damai, dan tenteram di Kota Pematang Siantar.

Ajakan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, dalam sambutannya saat bersama Unsur Forkopimda menghadiri acara Zikir memperingati Haul Raja Sangnaualuh Damanik, di Jalan Pematang, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan, Rabu (26/04/2023) malam.

Di awal sambutannya, dr Susanti mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dengan ahli waris Raja Sangnaualuh Damanik.

“Yang diawali tadi sore dengan penyantunan kepada anak yatim piatu, dan dilanjutkan sampai besok siang,” tutur dr Susanti, dalam acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Abdul Rahman Lubis itu.

Lebih lanjut, mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu menuturkan, peringatan Haul Raja Sangnaualuh Damanik merupakan tujuan mulia. Salah satunya untuk mengenang Raja Sangnaualuh Damanik sebagai pendiri Kota Pematang Siantar, yang merupakan pejuang pembela bangsa dan negara Indonesia, khususnya berjuang bagi Kota Pematang Siantar.

Masih kata dr Susanti, peringatan Haul 152 tahun Raja Sangnaualuh Damanik, yang juga peringatan Hari Jadi ke-152 tahun Kota Pematang Siantar, merupakan momentum bagi masyarakat di kota dengan motto Sapangambei Manoktok Hitei ini.

“Sebagai pengingat bagi kita semua, bagaimana meneladani kesederhanaan Raja Sangnaualuh Damanik. Bagaimana kerelaan beliau untuk memperjuangkan Kota Pematang Siantar pada waktu itu. Dan Insya Allah kita akan mengambil hikmahnya, dari apa yang beliau telah lakukan sehingga hingga kini kita bisa hidup aman, damai, dan tenteram di Kota Pematang Siantar ini,” ujar alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu.

Pada kesempatan tersebut, dr Susanti juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap mempertahankan dan menciptakan suasana yang nyaman dan tenteram di Kota Pematang Siantar.

“Sehingga seluruh masyarakat Kota Pematang Siantar bisa bergandengan tangan untuk membangun kota ini, kota yang kita cintai. Untuk terwujudnya Siantar Bangkit dan Maju, Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” sebut dr Susanti.

Sementara itu, ahli waris Raja Sangnaualuh Damanik, yaitu Tuan Difi Sangnuan, selaku cicit Raja Sangnaualuh, mengaku sangat mengapresiasi Pemko Pematang Siantar atas dukungan dan kehadiran dr Susanti di acara tersebut.

“Saya sangat terharu atas dukungan Ibu Wali Kota melalui Pemerintah Kota dan masyarakat. Terima kasih banyak,” ucapnya.

Acara Zikur juga diisi ceramah oleh Al Ustadz Ananda Siregar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Gusmiyadi, Danrem 022/Pantai Timur diwakili Letkol CAJ Kowad Dina Arwita SS, Kajari Pematang Siantar diwakili Rahmat, Kapolres Pematang Siantar diwakili Ipda Subhan Abdi, perwakilan Dandim 0207 Simalungun Kapten Inf Prawoto, Danyonif 122/Tombak Sakti Letkol Inf Muhammad Akhyar Nasution, Ketua PN Pematang Siantar Suherman, Dandenpom I/1 Pematang Siantar diwakili Kapten CPM Norman Sidabutar, Ketua MUI Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, Ketua Pengadilan Agama Pematang Siantar Sri Hartati SH, Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH, Ketua Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik Evra Sasky Damanik, Al Ustadz Sya’ban Siregar, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, camat, dan lurah se-Kota Pematang Siantar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *