dr Susanti Apresiasi Pameran ‘Rivers of Life’ Hari Karya Siswa Kalam Kudus

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengapresiasi pameran ‘Rivers of Life’ hasil karya siswa Perguruan Kapan Kudus dengan tema River in Grand Narrative. Pameran berlangsung di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Pematang Siantar, Sabtu (27/05/2023).

dr Susanti menilai kegiatan ini sangat strategis dan bernilai positif karena memberi ruang kreasi bagi siswa dan mengembangkan potensi serta bakat anak.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu mengaku bersyukur karena Kota Pematang Siantar memiliki sungai yang besar, sebagai anugerah Tuhan yang harus dijaga bersama.

“Air merupakan sumber kehidupan. Maka kita harus menjaga kelestariannya,” tutur mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar tersebut.

Dokter spesialis anak itu memberikan nilai positif Sekolah Kristen Kalam Kudus Kota Pematang Siantar atas kesediaannya dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.

“Sehingga bersama-sama kita mampu mengembangkan kompetensi para peserta didik sesuai Profil Pelajar Pancasila sehingga mampu menjawab visi Indonesia Emas tahun 2045,” tandasnya.

dr Susanti juga mengapresiasi penetapan gerakan Lihat Sampah Ambil (Lisa) oleh
Sekolah Kristen Kalam Kudus Pematang Siantar.

Usai menyampaikan sambutan, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu menerima pemberian cinderamata berupa lukisan hasil karya siswa Kalam Kudus. Selain dr Susanti, turut menerima cenderamata, Ketua Dekranasda Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Rudol Barmen Manurung MPd.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan mengunjungi pameran hasil karya siswa.

Direktur Pelaksana Sekolah Kristen Kalam Kudus kota Pematang Siantar Paulina Oscar SPd dalam sambutannya menuturkan,
Rivers of Life merupakan salah satu kontekstualisasi dari gaya hidup berkelanjutan yang dirancang sebagai
sebuah projek pembelajaran kurikuler agar peserta didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka
pendek maupun panjang terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya.

Dijelaskannya, Rivers of Life merupakan project nasional Sekolah Kristen Kalam Kudus yang tersebar di seluruh lndonesia
dalam peranannya menanamkan rasa cinta siswa kepada sungai-sungai yang ada di daerah masing-masing.

Lanjut Paulina, tujuan dilakukan pameran hasil karya projek Rivers of Life yakni memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktualisasi dari proses mengalami pengetahuan
sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar, khususnya
sungai.

“Menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter peserta didik sesuai Profil Pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan pada Kurikulum
Merdeka. Mengimplementasikan pembelajaran abad ke-21 yang mengasah kompetensi Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Bekerjasama dengan orang lain, dan Berkomunikasi dengan baik). Serta sekolah memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat dan pemerintah untuk menjaga dan melestarikan sungai untuk kehidupan di lingkungannya.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Drs H Zuhri Bintang MAP, Camat Siantar Barat Pardomuan Nasution, Ketua Yayasan Sekolah Kristen Kalam Kudus Kota Pematang Siantar Ali Muda, dan Kapolres Pematang Siantar diwakili Kabag SDM Kompol Hendrik Situmorang MM. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *