Keberangkatan JCH Pematang Siantar Diiringi Lantunan Adzan, dr Susanti Ingatkan JCH Jaga Kesehatan

Suhu di Tanah Suci Makkah yang saat ini sangat tinggi, sekitar 37-38 derajat Celsius mengharuskan Jamaah Calon Haji (JCH) agar tetap menjaga kesehatan dan stamina. Salah satunya, memanfaatkan waktu luang untuk berisitirahat, banyak minum air putih, dan mengonsumsi vitamin.

Pesan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, saat melepas keberangkatan JCH Kota Pematang Siantar Tahun 1444/2023 H, menuju Asrama Haji Medan, di Balai Kota, Senin (29/05/2023) sekitar pukul 08.00 WIB. JCH Kota Pematang Siantar diberangkatkan dengan iringan adzan yang dilantunkan Qori Kota Pematang Siantar Muhammad Yarham.

Lebih lanjut dr Susanti menyampaikan, tahun ini jumlah JCH meningkat signifikan, termasuk di Kota Pematang Siantar. Kondisi ini, katanya, harus diimbangi dengan pelayanan sehingga JCH bisa nyaman beribadah, dan nantinya menjadi haji/Hajjah yang mabrur/mabruroh.

“Pemerintah telah berupaya, mulai dalam menyediakan pemondokan, catering, dan lainnya,” kata mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu.

Masih kata dokter spesialis anak tersebut, nantinya JCH Kota Pematang Siantar akan berbaur dengan JCH dari seluruh dunia. JCH pun diminta untuk tetap menjaga kekompakan, persaudaraan, dan menjaga sikap serta perilaku. Sehingga membuktikan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Kota Pematang Siantar adalah masyarakat yang berbudaya.

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu mengatakan, saat ini suhu udara di Tanah Suci cukup panas, antara 37-38 derajat Celsius.

“Agar Jamaah Calon Haji tetap menjaga kesehatan, stamina, dan cukup istirahat. Banyak minum agar jangan sampai dehidrasi. Bawa obat dan vitamin. Kepada petugas kesehatan juga agar membawa obat yang diperlukan,” kata wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu.

dr Susanti juga berpesan, agar di Tanah Suci Makkah, JCH juga mendoakan Kota Pematang Siantar agar senantiasa dilindungi Allah SWT, dijauhkan dari bencana dan hal-hal yang kurang baik. Sehingga akan mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, lanjut dr Susanti, tetap akan memantau dan mengikuti perkembangan JCH di Tanah Suci. Sehingga JCH dapat menjalankan ibadah haji secara khusyuk dan sempurna.

“Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga dimudahkan segala urusan dan pulang dalam kondisi sehat sehat walafiat,” pungkas dr Susanti.

Jumlah JCH Kota Pematang Siantar sebanyak 157 orang, yakni 54 laki-laki dan 103 perempuan. JCH termuda laki-laki atas nama Yopi Topan Napitupulu Bin Syahrul Napitupulu (29 tahun 4 bulan). Untuk jamaah termuda perempuan Nina Astuti Saragih Binti Abdul Malik (38 tahun 7 bulan). Sedangkan JCH laki-laki tertua yakni Ngadimin Bin Wagimun (82 tahun 10 bulan), dan perempuan tertua atas nama Masnah Nasution Bin Ridwan Nasution (84 tahun 4 bulan).

JCH Kota Pematang Siantar, masuk di kloter 7 gelombang I. Masuk Asrama Haji Embarkasi Medan Senin (29/05/2023) pukul 12.00 WIB dan akan terbang dari Tanah Air menuju Madinah, Selasa (30/05/2023) pukul 10.45 WIB dari Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang. Dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Amir Mahmud Bin Abdul Azis Madinah, Selasa (30/05/2023) pukul 15.40 WAS.

Selanjutnya, dijadwalkan kembali ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah, Senin (10/07/2023) pukul 15.05 WAS dan tiba di Indonesia, Selasa (11/07/2023) pukul 13.05 WIB.

Turut hadir di acara pemberangkatan JCH antara lain, Danrem 022/Pantai Timur diwakili Letkol CAj Kowad Dina Arwita, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kompol Muri Yasnal, Kajari Kota Pematang Siantar diwakili Rahmad SH, Ketua DPRD Pematang Siantar diwakili Bintar Saragih dan H Irwan, Ketua MUI Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, Ketua IPHI Drs H Natsir Armaya Siregar, Dirut Perumda Tirta Uli Ir Zulkifli Lubis MT, pimpinan BUMN dan BUMD, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, camat, lurah, dan lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *