dr Susanti dan Erizal Ginting Hadiri Puncak Milad Muhammadiyah ke-111 Kota Pematang Siantar

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH menghadiri Puncak Milad Muhammadiyah ke-111 Kota Pematang Siantar, di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Kecamatan Siantar Barat, Minggu (07/01/2024). Acara dirangkai Ta’aruf sekaligus pelantikan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah dan PD Aisyiyah Pematang Siantar yang disaksikan Pengurus Pusat (PP) dan Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah.

dr Susanti didapuk menjadi Penasehat PD Aisyiyah Pematang Siantar dan Erizal Ginting SH sebagai Penasehat PD Muhammadiyah Pematang Siantar. Sedangkan Ketua PD Muhammadiyah Pematang Siantar dijabat H Ir Sailan Nasution MM dan Ketua PD Aisyiyah Pematang Siantar Hanifah Harahap SPd.

Hadir juga Ketua PP Muhamadiyah Prof Dr H Dadang Rahmad MSi, Ketua PW Muhammadiyah Sumut Dr Sulidar MAg, perwakilan Ketua PW Aisyiyah Sumut dr Robitah Asfur MBimed AIFO-K, perwakilan KPw BI Pematang Siantar Handoko Utama, Pinca Bank Sumut Syariah Syufri Ananda Putra Lubis, Ketua KORMI Pematang Siantar Aprial M Rizaldi Ginting SH, tokoh pengusaha Muslim Dedy Gunawan Ritonga, organisasi otonom Muhammadiyah; PD Pemuda Muhammadiyah, PD Nasyiatul Aisyiyah, PC IMM, PD IPM, Kwartir Hizbul Wathon, Tapak Suci Muhammadiyah, serta warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Pematang Siantar.

Tampak, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan SSos MSP, Ketua Fraksi PAN-PI DPRD Pematang Siantar Nurlela Sikumbang, dan Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi.

dr Susanti dalam sambutannya menyampaikan masyarakat Kota Pematang Siantar merupakan kota yang penuh toleransi.

“Sehingga dengan keberagaman itulah yang menjadi kekuatan bagi kami untuk bersama-sama memajukan memakmurkan Kota Pematang Siantar. Insya Allah ke depannya dengan doa kita semua Pematang Siantar akan dapat semakin maju tentunya,” tukasnya.

Muhammadiyah, katanya, genap berusia 111 tahun.

“Rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah-Nya, bahwa Muhammadiyah organisasi Islam warisan berharga dari Kyai H Ahmad Dahlan ini, terus dijaga ruh gerakannya dalam menjalankan misi utama yaitu dakwah,” katanya.

“Muhammadiyah melalui seluruh amal usaha dan gerakan dakwahnya, terus meluas baik di dalam maupun di luar negeri, untuk memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta. Muhammadiyah terus berkiprah menjadi pelopor kemajuan. Muhammadiyah hadir membuka jalan baru untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Gerakan Muhammadiyah menebar kemaslahatan bagi seluruh warga bangsa tanpa mengenal batas agama, suku, ras, golongan, dan sekat-sekat sosial politik,” tambahnya.

Muhammadiyah, lanjut dr Susanti, akan mencerahkan serta memajukan kehidupan bangsa.

“Saya selaku Wali Kota dan atas nama Pemerintah Kota Pematang Siantar menyampaikan Selamat Milad kepada Muhammadiyah, seraya berdoa semoga yang menjadi tujuan Muhammadiyah senantiasa dapat terwujud dan bertambah sukses, bertambah jaya, dan Muhammadiyah terus berkiprah demi kemaslahatan umat, bangsa dan negara,” ungkap dr Susanti seraya mengajak warga Muhammadiyah mendukung program pemerintah.

Sejauh ini, sebut dr Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar telah berkontribusi secara aktif di dalam program dan kegiatan Muhammadiyah, yang langsung menyentuh masyarakat.

“Dan tentunya ke depan Pemerintah Kota Pematang Siantar siap mendukung program ataupun kegiatan-kegiatan Muhammadiyah ataupun kegiatan keumatan. Ini semua untuk terwujudnya Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas mewujudkan Siantar Bangkit dan Maju,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Milad Muhammadiyah ke-111 Kota Pematang Siantar, Aris SH MH dalam laporannya menyampaikan seluruh pendanaan kegiatan Milad ditanggung Penasehat PD Muhammadiyah Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH dan Penasehat PD Aisyiyah Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA.

Aris juga menerangkan, persiapan Milad Muhammadiyah sangat luar biasa walaupun mendadak diselenggarakan, namun lancar dan gembira.

Masih kata Aris, dalam kegiatan tersebut ada lucky draw dan persembahan aksi anak-anak Muhammadiyah, serta stand UMKM SMS yang menyemarakkan Milad.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr Sulidar MAg mengaku bangga melihat dr Susanti dan Erizal Ginting mengenakan seragam kebesaran Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Sedangkan Ketua PW Muhammadiyah Pematang Siantar H Ir Sailan Nasution MM mengucapkan terima kasih kepada dr Susanti dan Erizal Ginting atas kontribusi nyata sehingga Milad Muhammadiyah dapat terselenggara dengan baik.

Sailan mengatakan organisasi Muhammadiyah telah berusia ke-111 tahun, suatu usia yang cukup matang dan berpengalaman melintasi zaman, mulai zaman penjajahan hingga saat ini.

“Muhammadiyah masih konsisten melaksanakan dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar. Perlu kami sampaikan, pada akhir tahun 2023, kita telah mengumpulkan bantuan untuk saudara kita yang berada di Palestina sebesar Rp103 juta, yang disalurkan melalui LAZIS MU Kota Pematang Siantar kepada LAZIS MU Pusat. Itu tentunya adalah sebagai partisipasi kita untuk umat, yang di manapun keadaannya berada,” terangnya.

Keadaan Muhammadiyah saat ini, lanjut Sailan, adalah hasil kerja keras yang tulus ikhlas para pemimpin dan periode-periode yang lalu.

“Tanpa perjuangan mereka-mereka, Muhammadiyah saat ini tetap semakin eksis. Perlu bagi kita hari ini untuk meneruskan perjuangan sehingga sampai akhir zaman, tetap bersinar,” katanya.

Ke depan, kata Sailan, tantangan zaman yang dihadapi penerus kita semakin kompleks, dan dinamis, sehingga dibutuhkan persiapan kader-kader generasi Z yang tangguh, ikhlas dan mampu mengemban amanah persyarikatan.

“PD Muhammadiyah Kota Pematang Siantar periode ini, telah selesai melaksanakan muscab, musran, serta selesai melaksanakan konsolidasi unsur-unsur pembantu pimpinan dengan membentuk 14 majelis dan lembaga,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan Tabligh Akbar dipimpin langsung Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H Dadang Rahmad MSi.

Pada rangkaian lucky draw, dr Susanti, Erizal Ginting, Dadang Rahmad, Muhammadiyah Sulidar, Sailan Nasution, Boy Warongan, serta tokoh pengusaha Muslim berkesempatan memberikan hadiah kepada pemenang lucky draw seperti sepeda, TV, AC, setrika, dan hadiah lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *